Seberapa Baik Sistem Aplikasi QUORA?
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang Heuristic Usability. Apa itu Heuristic Usability?
Heuristic (Heuristis) berkaitan dengan prosedur analitis untuk memberikan perkiraan yang tepat dan pengecekan ulang sebelum memberikan kepastian.
Maka Heuristic Usability adalah Metode untuk menganalisa suatu alat atau objek agar memberikan kemudahan dalam penggunaan untuk dapat mencapai sutau tujuan. Prinsip ini dikemukakan oleh Jacob Nielsen (1995) dan dikenal dengan istilah 10 Usability Heuristic for User Interface Design.
Jacob Nielsen juga memberi skala penilaian tentang seberapa buruk untuk masalah Usanility dari evaluasi heuristiknya. Yaitu berupa peringkat dari 0 sampai 4.
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah
1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project
2 = permasalahan cukup serius, prioritas rendah
3 = permasalahan serius, prioritas tinggi
Saya akan menganalisa Web QUORA. QUORA sendiri merupakan situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada bulan Juni 2009. Situs ini menghadirkan pengetahuan luas dalam bidang apapun yang tulis oleh para penggunanya. Setelah saya analisa, saya akan memberika skala penilaiannya mengacu pada cara penilaian Jacob Nielsen
JADI, SEBERAPA BAIKKAH SISTEM WEB DAN APLIKASI QUORA?
1. Visibility of System Status
Suatu kondisi yang mampu memberikan informasi yang terjadi pada user baik apa yang sedang dilakukan, sedang di bagian apa, dan apa yang sedang terjadi
Ini adalah tampilan antar muka yang akan muncul jika user ingin mengajukan sebuah pertanyaan. Petunjuk yang diberikan sangat membantu pengguna untuk memilih kata tanya yang tepat untuk menulis sebuah pertanyaan
Skala Severitas = 0
2. Match Between System and The Real World
Sebuah sistem haruslah mampu memberikan informasi yang berdasarkan fakta tentang hal yang terjadi
Ini adalah sebuah pertanyaan Matematika yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan nyata. Saat kita sedang menjelajah QUORA, akan banyak bermunculan pertanyaan-pertanyaan tentang Matematika
Skala Severitas = 2
3. User Control and Freedom
Mampu memberika kemudahan dan kebebasan. User akan mempunyai kendali dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia
Ini adalah tampilan Home (beranda) dalam web QUORA. Disini user akan mendapatkan kendali atas sistem antarmuka QUORA yang memiliki fitur yang beragam
Skala Severitas = 1
4. Consistency and Standard
Sebuah desain yang konsisten dan baik akan memudahkan user dalam menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Hindari penggunaan informasi atau gambar yang berbeda namun memiliki makna yang sama
(Tampilan web)
(Tampilan aplikasi)
Disini bisa kita lihat tampilan antarmukanya. Baik versi web maupun aplikasi memiliki ikon yang sama. Hal tersebut sangatlah berguna jika user membuka QUORA dengan menggunakan dua jenis sistem yang berbeda, sehingga tidak akan membingungkan user untuk beradaptasi
Skala Severitas = 1
5. Error Prevention
Sebuah kesalahan pada sistem merupakan hal yang tidak profesional bila diketahui oleh user. Namun, hal ini dapat diganti dengan pesan error dalam bentuk desain. Dengan demikian, user dapat mengetahui bahwa ada kesalahan
Dapat dilihat disini, bahwa terdapat pesan bahwa hasil pencarian tidak ditemukan. Itu merupakan sebuah pesan error yang diberika sistem kepada user sehingga user dapat mengetahuinya
Skala Severitas = 2
6. Recognition Rather than Recall
Daripada memaksa user untuk mengingat, lebih baik buat user bisa mengenali sistem tersebut. User dalam menjelajahi sistem atau aplikasi tentu akan melewati beberapa halaman. Agar user tidak bingung, buat aplikasi yang membuat user bisa mengenali pola desain yang dibuat sehingga mereka bisa tetap menggunakan aplikasi tanpa harus mengingat langkah yang harus dilakukan setelahnya
Pada kolom pencarian disaat user sudah mengetik beberapa huruf atau kata, sistem QUORA akan menampilkan daftar rekomendasi pencarian yang memungkinkan user untuk mencari lebih cepat dan tepat
Skala Severitas = 0
7. Flexibility and Efficiency of Use
Bagi user atau pengunjung baru, tentu mereka akan mempelajari sebuah sistem terlebih dahulu apalagi jika sistem yang terdapat dalam sebuah web tersebut memiliki sistem yang kompleks. Oleh karena itu, sistem Web maupun aplikasi haruslah fleksibel dan efisien
Beginilah tampilan pilihan kategori dalam sistem QUORA, terlihat nyaman dan rapi karena disusun dengan menggunakan Ikon yang sesuai dan memudahkan pengguna dalam memilihnya. Dengan sistem seperti ini, akan memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam penggunaan user
Skala Severitas = 2
8. Aesthetic and Minimalist Design
Desain layout yang baik haruslah nyaman dipandang dengan menggunakan kontras warna yang baik, posisi yang strategis (sesuai) dan serasi. Desain yang minimalis dipadukan dengan whitespace (jarak antar elemen) yang sesuai akan membuat sistem terlihat elegan
Disini terdapat lima ikon utama pada sistem QUORA. Perpaduan warna dan jarak yang sesuai membuat layout terlihat nyaman dan minimalis
Skala Severitas = 1
9. Help User Recognize, Diagnoze and Recover from Errors
Desain yang baik dan nyaman tentu belum lengkap tanpa adanya penanganan error bila memang terjadi kesalahan. Saat error terjadi, sistem seharusnya tidak hanya memberika pesan error, tetapi juga memberika solusinya
Disini saya mencari pertanyaan "Kenapa barcelona selalu kalah melawan persija?" Ternyata jawaban tersebut tidak ada di QUORA. Kemudian QUORA memberikan solusi agar saya menambahkan pertanyaan itu supaya jika ada pembaca yang membaca pertanyaan saya, mereka akan menjawabnya
Skala Severitas = 3
10. Help and Documentation
User atau pengguna sistem tentunya mempunyai harapan untuk menyelesaikan masalah dan pekerjaannya dengan mudah melalui sistem. Namun kadang pengguna kebingungan dengan sistem yang mereka gunakan. Oleh karena itu, untuk membantu mereka sebuah sistem yang baik akan memberikan fitur bantuan dan dokumentasi agar memberi bantuan kepada pengguna dan meminimalisasi kebingungan pengguna
Ini adalah Fitur bantuan dari sistem web QUORA. Fitur Bantunnyapun dibuat minimalis dan elegan, yang akan membatu pengguna dalam menemukan masalah yang dihadapi
Skala Severitas = 2
Kesimpulan saya tentang Sistem Web dan aplikasi QUORA:
1. Sistem yang digunakan sudah sangat baik dan mudah dimengerti
2. Tampilan antarmuka (UI) yang cukup menarik dengan perpaduan warna dan ikon yang memudahkan user
3. Fitur yang cukup lengkap untuk sebuah situs berbagi ilmu pengetahuan
4. Layout tampilan yang rapi dan efisien untuk sebuah sistem yang cukup komlpleks
5. Pertanyaan masih belum tercakup semua (masih ada beberapa pertanyaan yang belum tersedia)
6. Tidak adanya fitur dark mode pada aplikasi ini
7. Tidak terdapat sorotan pada konten yang terbilang menarik karena urutan konten masih di-random
8. Masih terdapat ruang (space) kosong di kanan dan kiri pada tampilan web yang sayang jika tidak dimanfaatkan
Demikian postingan saya kali ini, semoga dapat dimengerti dengan mudah dan juga bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih
Komentar
Posting Komentar